Rabu, 19 Juni 2013

Apa Tujuan Membuat Blog ? - Setiap kita memiliki tujuan yang berbeda dalam membuat blog. Ada yang sekedar ingin membagikan pemikiran dan ide. Ada pula yang sekedar menulis kegiatan sehari-hari, menjadikan blog semacam jurnal. Ada juga untuk mencari penghasilan, dengan menjual produk, jasa, informasi, dll. Pendek kata, blog bisa kita manfaatkan dengan baik sesuai dengan kebutuhan kita. Di bawah ini, saya mencoba merangkum beberapa manfaat dari memiliki blog.
Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari blog, baik itu di sadari maupun tidak. Banyak orang yang telah memanfaatkan keterbukaan blog untuk berbagai keperluan.

Manfaat & Tujuan Memiliki Blog

Berikut ini adalah beberapa manfaat memiliki blog :
  1. Sarana promosi diri. Istilah kerennya personal branding. Anda yang berprofesi di bidang apapun bisa memperkuat pandangan orang tentang diri kita. Yaitu, dengan menulis di blog, tentang apa yang anda kerjakan dan menjadi keahlian Anda. Orang lain yang membaca akan lebih mengenal Anda baik secara personal maupun secara impersonal. Di blog kita juga bebas mengungkapkan ide kita dan menyebarkan pesan-pesan yang baik. Kita juga bisa berbagi informasi dan pengetahuan yang kita miliki terutama yang berkaitan dengan profesi.
  2. Media belajar menulis. Setelah memiliki blog, tentu kita harus mengisinya dengan konten. Konten ini berupa tulisan kita sendiri. Dan hal ini wajib. Kita wajib menulis bagaimanapun caranya. Blog harus diisi secara berkala baik itu dengan berbagai artikel atau cerita yang bisa kita buat sendiri. Bagi Anda yang punya keinginan untuk menulis buku, blog bisa menjadi media untuk belajar menulis. Apapun tulisan kita itu. Sangat baik bila tulisan itu bermanfaat juga bagi orang lain. 
  3. Media promosi produk dan jasa. Banyak orang yang menggunakan blog sebagai sarana promosi. Saat ini, sepertinya menjadi satu hal yang wajib bila Anda memiliki bisnis maka Anda sebaiknya juga memiliki blog. Dengan memiliki blog, maka kita bisa mengenalkan bisnis kita ke lebih banyak orang dan tentu saja dengan area yang lebih luas bahkan sangat luas. Di blog, kita bisa memaparkan berbagai informasi produk yang kita jual. Kita juga bisa menampilkan gambar dan foto produk yang dijual. 
  4. Media sharing. Inilah fungsi pertama kali dari blog, ketika pertama kali dipublikasikan. Awalnya, blog hanya digunakan untuk menulis jurnal/diary online. Namun, seiring perkembangannya, blog kemudian berkembang dengan pesat dan bahkan mengalahkan kepopuleran website statis. Saat ini, hampir semua website menggunakan content management system. Karena dengan ini, website bisa bersifat dinamis dan memudahkan interaksi antara pemilik dan pengunjung. 
  5. Sumber penghasilan. Hah .. !! Ya.. benar. Penghasilan bisa kita peroleh saat produk kita berhasil dijual melalui blog. Namun ada cara lain untuk meraih penghasilan dengan memanfaatkan blog. Apa itu ? Saya pernah menuliskannya di sini. Insya Allah, saya akan share semua hal tentang bisnis online dengan blog, pada artikel2 selanjutnya.
Sebenarnya, masih banyak manfaat dari memiliki blog yang. Pada dasarnya memiliki blog juga akan memperluas jaringan sosial kita. Bertemu dengan kawan baru, komunitas baru, dll.

Belum memiliki blog ? Segera buatlah blog Anda ... Beritahukan pada dunia ide dan pikiran Anda ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar